Sunday 13 April 2014

TETAP SEMANGAT APAPUN YANG TERJADI





Amsal 18:14, “Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?”

Pendahuluan
            Kaum muda banyak persoalan atau masalah yang menimpa kita setiap saat. Entah itu saya, sobat muda, anak-anak, orang tua. Kita hidup didunia ini selalu berhadapan dengan yang namanya pergumulan atau persoalan.
            Ingat, kita tidak boleh menyerah walau badai apapun yang menerpa hidup kita, karena Firman Tuhan katakan:
1 Kor 10:13, “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”
Yosua 1:9, “Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi."
            Sobat muda ada banyak hambatan-hambatan dalam kita meraih sebuah keberhasilan antara lain adalah: sikap yang putus asa, patah semangat, menyerah, keinginan untuk mundur, tidak mau berusaha dlsb.
            Sikap ini kalau dibiarkan akan membuat kita frustasi dan gagal dalam meraih cita-cita dan impian kita. Nah, dalam menghadapi masalah, saya, sobat muda dan siapapun itu memerlukan yang namanya SEMANGAT untuk berjuang dan bangkit.
            Ketika saya, sobat muda dan siapapun itu putus asa, mari datang kepada Tuhan dan melalui Yesus Kristus kta mohon kepada Allah untuk meminta kekuatan dan semangat yang baru agar mampu menghadapi situasi-situasi sulit dalam hidup kita.

ISI
Mengapa SEMANGAT itu perlu bagi setiap kita?
1.      Didalam SEMANGAT ada kekuatan baru.
Ams 18:14, “Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?”
Sobat muda, orang yang bersemangat adalah orang-orang yang tidak mau menyerah, tidak mau terpengaruh oleh keadaan sekalipun itu kurang baik, ornag yang bersemangat akan tetap optimis, mereka percaya bersama dengan Allah, akan dimampukan untuk mengadapi setiap persoalan hidup ini.
Flp 4:13, “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

            Tetaplah miliki SEMANGAT dalam hidup ini, apapun yang terjadi dalam hidupmu.

2.      SEMANGAT merupakan jalan untuk memperoleh apa yang kita butuhkan.
2 Taw 15:7, “Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!"

            Jadi sobat muda, semangat merupakan jalan untuk memperoleh apa yang kita butuhkan. Tetaplah semangat dan miliki keberanian untuk melakukan Firman Allah, jangan pernah menyerah dan tetap teguh pegang janji Tuhan, sampai menjadi sebuah kenyataan.

Penutup
            Kalau SEMANGAT-mu sedang lemah, bangkitlah mencari Tuhan dangan berdoa, membaca Firman Tuhan. Tuhan akan memulihkan setiap semangat yang patah. Tuhan tidak akan meninggalkan kita seperti janji-Nya dalam Maz. 43:19, “TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.”
Selamat berjuang dan tetap SEMANGAT!
Tuhan Yesus memberkati kita semua
Amen.

No comments:

Post a Comment