Wednesday 2 February 2011

DIBENTUK UNTUK MELAYANI ALLAH


"Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya" – (Efesus 2: 10). "Umat yang telah ku bentuk bagi-Ku akan memberitahukan kemasyuranku" – (Yesaya 43:21).
Allah membentuk setiap mahluk di dunia dengan bidang keahlian khusus. Setiap mahluk memiliki peran tertentu untuk di mainkan, berdasarkan pada cara mereka di bentuk oleh Allah. Hal yang sama berlaku pada manusia. Kita masing-masing dirancang secara unik, atau dibentuk untuk melakukan hal-hal tertentu. Sebelum arsitek merancang bangunan baru, mereka lebih dahulu bertanya, untuk apa bangunan ini didirikan? Akan digunakan untuk apa? Fungsi yang dimaksudkan selalu menentukan bentuk bangunan. Sebelum Allah menciptakan kita, Dia memutuskan peran apa yang Dia ingin anda mainkan di dunia ini. Allah merencanakan dengan persis bagaimana Dia ingin kita melayani Dia, dan selanjutnya Dia membentuk kita untuk tugas-tugas tersebut. Kita ada sebagaimana adanya kita karena kita dijadikan untuk suatu pelayanan khusus.
Alkitab menjelaskan, “karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau supaya kita hidup didalamnya” (Efesus 2:10). Kata “puisi” berasal dari kata Yunani yang diterjemahkan “buatan”. Kita merupakan karya seni buatan tangan Tuhan. Kita adalah sebuah karya Agung asli yang dirancang untuk satu tujuan, tidak ada duanya.
Allah dengan sengaja membentuk anda untuk melayani-Nya dengan cara tertentu yang membuat pelayanan anda unik. Daud memuji Allah atas perhatian pribadi yang luar biasa sampai pada bagian-bagian kecil ini: “sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib, ajaib apa yang Kau buat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya”. Seperti yang dikatakan oleh Ethel Water, “Allah tidak membuat sampah”
Allah tidak saja membentuk anda sebelum kelahiran anda. Dia merencanakan setiap hari kehidupan anda untuk mendukung proses pembentukan yang Ia buat. Daud melanjutkan, “dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan di bentuk, sebelum ada satupun dari padanya.”  Ini berarti bahwa tidak ada apapun yang terjadi dalam kehidupan anda yang tidak penting. Allah memakai semuanya itu untuk membentuk anda bagi pelayanan anda kepada sesame dan membentuk anda bagi pelayanan anda kepada-Nya.
Allah tidak pernah memboroskan sesuatu. Dia tidak akan memberikan anda kemampuan, minat, telenta, karunia, kepribadian, dan pengalaman-pengalaman kehidupan jika Dia tidak brmaksud untuk menggunakannya bagi kemuliaan-Nya. Dengan mengenali dan memahami faktor-faktor ini anda bias menemukan kehendak Allah bagi kehidupan anda. Alkitab mengatakan bahwa kejadian anda “dahsyat dan ajaib” anda merupakan kombinasi dari banyak faktor berbeda. Untuk menolong anda mengingat kelima factor ini, saya telah menciptakan sebuah akronim: SHAPE (bentuk).
BAGAIMAN ALLAH MEMBENTUK ANDA UNTUK PELAYANAN ANDA
            Kapanpun Allah member kita sebuah tuhgas, Dia selalu memperlengkapi kita dengan apa yang kita butuhkan untuk menyelesaikannya. Kombinasi kemampuan yang memiliki tujuan ini di sebut SHAPE (bentuk) anda:
Spiritual gifts (Karunia Rohani)
Heart (hati)
Abilities (Kemempuan)
Personality (Kerpibadian)
Experience (Pengalaman)
            SHAPE: MEMBUKA KARUNIA-KARUNIA ROHANI ANDA
            Allah memberi semua orang percaya karunia-karunia rohani untuk digunakan dalam pelayanan. Inilah kemampuan-kemampuan khusus yang diberikan Allah untuk melayani Dia kepada orang percaya. Alkitab mengatakan,  “orang yang tidak mempunyai Roh Allah, tidak dapat menerima apa yang dinyatakan oleh Roh itu”. Anda tidak bias memperoleh karunia-karunia rohani anda atau berhak menerima karunia-karunia itu sebagai upah kerja anda, karena itulah namanya karunia. Karunia rohani merupakan suatu ekspresi kasih karunia Allah bagi anda. Kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus. Anda juga tidak bias memilih karunia apa yang ingin anda miliki, Allah menentukannya. Paulus menjelaskan, tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya. Karena Allah menyukai keragaman dan Dia ingin kita menjadi khusus, maka tidak satupun karunia di berikan kepada semua orang. Juga tidak ada orang yang menerima semua karunia. Jika anda memiliki semuanya, anda tidak membutuhkan orang lain, dan inilah yang akan meruntuhkan salah satu tujuan Allah, yakni mengajar kita saling mengasihi dan saling bergantung.
            Karunia-karunia rohani anda tidak diberikan bagi kebaikan anda sendiri, tetapi untuk kebaikan orang lain, sama seperti orang lain di beri karunia bagi kebaikan anda. Alkitab berkata, "tetapi kepada tiap-tiap orang di karuniakan pernyataan Roh untuk kepentingan bersama. Allah merencanakannya seperti ini supaya kita saling membutuhkan. Ketika kita menggunakan karunia-karunia kita bersama-sama kita semua memperoleh manfaat. Jika orang lain tidak menggunakan karunia mereka, anda dirugikan dan jika anda tidak menggunakan karunia anda, mereka dirugikan. Karena itulah kita disuruh untuk menemukan dan mengambangkan karunia-karunia rohani kita. Apakah anda telah mengambil waktu untuk menemukan karunia-karunia rohani anda? sebuah karunia yang tak terungkap tidaklah ada artinya.
           Kapanpun kita melupakan kebenaran-kebenaran dasar tentang karunia ini, selalu muncul masalah dalam gereja. Dua masalah yang umum adalah "kecemburuan karunia dan proyeksi karunia". Masalah pertama terjadi ketika kita membandingkan karunia kita dengan karunia orang lain. Merasa tidak puas dengan apa yang Allah berikan pada kita, dan menjadi marah atau iri atas cara Allah menggunakan orang lain. Masalah yang kedua terjadi ketika kita berharap orang lain memiliki karunia-karunia yang kita miliki, melakukan apa yang kita panggil untuk di lakukan, dan merasa terbeban seperti halnya kita. Alkita mengatakan "dan rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan"
          Kadangkala karunia-karunia rohani terlalu ditekankan sehingga mengabaikan faktor-faktor lain yang Allah gunakan untuk membentuk anda bagi pelayanan. Karunia-karunia anda mengungkapkan satu kunci untuk menemukan kehendak Allah bagi pelayanan anda, tetapi karunia-karunia rohani anda bukanlah gambaran keseluruhan Allah juga telah membentuk anda dengan empat cara lainnya. 
GOD BLESS US..... semoga bermanfaat.
           

No comments:

Post a Comment