Sunday 9 March 2014

MENJADI PEMUDA YANG BERNILAI


1 Petrus 2: 1-5,
2:1 Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah.
2:2 Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,
2:3 jika kamu benar-benar telah mengecap kebaikan Tuhan.
2:4 Dan datanglah kepada-Nya, batu yang hidup itu, yang memang dibuang oleh manusia, tetapi yang dipilih dan dihormat di hadirat Allah.
2:5 Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.

Untuk menjadi pemuda yang bernilai tinggi yang menentukan adalah diri kita sendiri karena Allah dari semula telah menciptakan kita dengan nilai sungguh amat baik.
Dan dari kebenaran Firman Tuhan diatas, hal yang perlu kita lakukan untuk kita dapat menjadi pemuda yang bernilai tinggi adalah:
1. Masuk dalam pertobatan sejati (1 Petrus 2:1) yaitu: membuang segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah.
Yeremia 25: 5, "Kata mereka: Bertobatlah masing-masing kamu dari tingkah langkahmu yang jahat dan dari perbuatan-perbuatanmu yang jahat; maka kamu akan tetap diam di tanah yang diberikan TUHAN kepadamu dan kepada nenek moyangmu, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya.

Langkah-langkah pertobatan:
a. Menyesal akan dosa
b. Membuang segala dosa
c. Mengenakan Kristus Yesus

2. Haus akan kebenaran (1 Petrus 2:2)
"Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,
yang artinya: haus akan kebenaran
Matius 5:6, "Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan."










3. Hidup Berguna Bagi Sesama (1 Petrus 2:5)
"Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah."


Nilai suatu barang ditentukan oleh fungsinya, semakin banyak funsinya maka akan semakin tinggi nilainya.


Amin
Tuhan Yesus memberkati



No comments:

Post a Comment