Tuesday 23 March 2021

PEKERJA KRISTUS

 

Yohanes 21:15-19;

15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."

16 Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."

17 Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku.

18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki."

19 Dan hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus: "Ikutlah Aku."

           

PENDAHULUAN

Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya:  "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya:

"Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku.

Sebagaimana Yesus membuat mujizat ketika pertama bersama dengan murid-muridNya, demikian pula halnya ketika Yesus menemui murid-muridNya setelah kebangkitanNya, yaitu setelah bersama Yesus mereka mendapatkan tangkapan ikan yang banyak. Yesus adalah Tuhan yang sama yang dahulu mereka kenal, Dia yang dahulu pernah mati namun bangkit kembali.

Pertemuan Tuhan Yesus dengan murid-muridNya di sungai Tiberias supaya semakin memperdalam pengenalan murid-muridNya tentang maksud dan rencana Tuhan Yesus yang sebenarnya dan juga untuk semakin memahami pemanggilan mereka sebagai murid-murid Tuhan Yesus.

Sebelumnya, pada masa penderitaan Yesus, Petrus telah mengecewakan Tuhan Yesus dengan menyangkalNya sampai tiga kali. Sekarang, setelah kebangkitanNya Yesus menemuinya dengan bertanya sampai tiga kali “Apakah engkau mengasihi Aku?” Tentu ini adalah pukulan yang berat bagi Pertus, karena sebelumnya dia telah menyangkal pernyataan kesetiaannya sampai mati kepada Yesus.

Mempersiapkan murid-muridNya dalam misi pekabaran Injil tentu harus memiliki landasan dasar yang kuat, dan semua itu dimulai dari kesungguhan mereka mengasihi Yesus, sebagaimana Tuhan Yesus sudah memperlihatkan kasih yang sesungguhnya. Segala sesuatu yang kita perbuat untuk memuliakan Tuhan hanya dapat terjadi dari kasih kita kepada Tuhan.

Peneguhan panggilan Tuhan atas Petrus untuk mengerjakan tugas besar menjangkau, memelihara jiwa-jiwa bagi kemuliaan Kristus.

Sebagai Pekerja Kirstus ada berbagai fakta dan kerinduan Tuhan yang wajib di pahami:

1.     Melayani Tuhan harus dengan KASIH kepada Kristus (Yoh 21:15-17)

Tuhan Yesus 3X bertanya kepada Petrus akan kasihnya kepada Tuhan.

2.     Mengasihi Kristus adalah melayani Jiwa-jiwa (Yoh 21:15-17)

3.     Pekerja Kristus berarti siap menderita bagi Kristus (Yoh 21:18-19)

 

 

 

No comments:

Post a Comment